Social Icons

RESENSI


RENGKUHLAH ILMU DIMANAPUN BERADA

Judul : Anak-Anak Langit
Penulis: Mohd Amin MS
Penenrbit: Alvabet
Cetakan: I, Juli 2011
Tebal:I x 508 halaman
Harga buku:Rp63.000
Peresensi: Winie Setia Prihapnita

Ilmu adalah akar kehidupan. Dengan ilmu kita dapat mengerti dan memaknai bagaimana mempelajari kehidupan.Ilmu sangatlah berharga.Ilmu tidak hanya yang diajarkan ketika kita duduk di bangku sekolah namun ilmu begitu luas cakupannya.Ilmu ada dimana saja.Bahkan alam menyimpan ilmu yang maha dahsyat jika manusia mau mempelajarinya.Maka,rengkuhlah ilmu dimanapun berada.Kalimat itulah yang cocok untuk merujuk pada gambaran novel Anak-Anak Langit.
Novel Anak-Anak Langit karya Mohd MS terinspirasi dari kisah nyata yang berkisah tentang kenangan-kenangan remaja.Kenangan mengenai sebuah perjalanan hidup seorang remaja bernama Simuh.Keinginannya untuk mengetahui beberapa hal tentang manusia,alam semesta,dan bagaimana semuanya dapat berkembang,lalu menjadi sebuah disiplin ilmu.Rasa keingintahuannya itu menuntunya untuk mencari wawasan-wawasan baru,guru-guru,dan teman-teman yang dapat menyalurkan semua gagasan baru.Seorang anak yang haus akan ilmu menjadikannya selalu ingin menggali lebih dalam ilmu pengetahuan.
Memberikan pelajaran tentang perjuangan mencari ilmu.Memenuhi hasrat keingin tahuannya.Untuk mewujudkan semua keinginanya maka Simuh memiliki cita-cita untuk meneruskan sekolahnya ke perguruan yang dapat memuaskan hasratnya.Keinginan seorang anak kampung biasa untuk meneruskan sekolah kejenjang lebih tinggi ke perguruan Wahidin Bagan Siapi-Api.Sebab lembaga pendidikan Wahidin begitu harum namanya di Bagan Siapi-Api.Namun keinginannya kandas dan dengan berat hati Simuh meneruskan pendidikannya  kejenjang MAK (Madarasah Aliyah Khusus) yang merupakan pilihan pertamanya dan merupakan keinginan orang tuanya.Namun, disinilah ilmu baru dan bertemu dengan orang-orang yang hebat yang dapat memotivasi dirinya untuk lebih baik.Pesantren yang tidak hanya memberikan pelajaran mengenai urusan agama-agama saja.Tempat yang semula tak diharapkannya malah menjadi tempat yang sangat berharga dan dirindukannya sebab ia dapat memenuhi hastrat keingin tahuannya tentang wawasan ilmu-ilmu.MAK merupakan ladang ilmu untuknya.
Dalam novel ini,mengajarkan tentang rasa syukur atas jalan apa yang diberikan Tuhan kepada hambanya.Karena dengan begitu maka nikmat yang akan diberikan Tuhan akan berlipat ganda.Merupakan sebuah sisi yang dapat diteladani dari novel ini.
Sebuah cerita yang sangat menginspirasi mengenai cita-cita.Seorang anak yang memiliki cita-cita yang tinggi walaupun berada di lingkungan keluarga sederhana.Sebab disamping keterbatasanya hidup dalam keluarga yang sederhana namun cita-citanya tak sesederhana kehidupannya sebab ia memiliki cita-cita yang tinggi yakni meneruskan sekolah keperguruan tinggi yang ternama.Hal tersebut dapat dijadikan contoh untuk anak-anak yang ingin belajar lebih baik dan meneruskan kejenjang sekolah yang lebih tinggi.Motivasi dalam diri adalah kekuatan terbesar dalam menjalani segala keinginan yang ingin dicapai.
Mengisahkan tentang sebelas anak pesantren yang hidup serba pas-pasan dan  berjibaku keras dalam meraih mimpi. Sebuah mimpi intelektual yang dirajut dalam dunia sederhana.Namun, dalam kondisi sederhana tak menjadi halangan untuk mereka memiliki mimpi yang besar.Mimpi menjadi orang yang berguna dan bermanfaat bagi semua umat.
Dalam masa-masa perjuangannya meraih mimpi-mimpinya terdapat kejadian-kejadian menarik yang dialami si tokoh dan sepuluh temannya selama  berada di pesantren MAK . Mulai dari kenakalan yang diperbuat anak-anak asrama sampai akhirnya mereka merasa harus ada perubahan yang lebih baik pada diri mereka. Serta adanya bumbu-bumbu cinta yang terhalang oleh tembok asmara.Dan semua kejadian itu terangkai begitu indah untuk sebuah pelajaran hidup yang patut diapresiasikan untuk dijadikan sebuah pembekalan diri. Dimana semua pengalamana itu dapat diambil menjadi sebuah motivasi dalam hidup.
Dalam cerita novel Anak-Anak Langit ini mengisahkan pengalaman bagaimana anak-anak yang tinggal di asrama MAK penuh perjuangan .Sebab antara anak-anak MAK terjadi persaingan.Persaingan yang seportif.Persaingan untuk menjadi murid yang terbaik dari yang baik.
Namun,dalam kehidupan asrama yang penuh dengan persaingan itu tak lepas dari kisah persahabatan.Persahabatan yang terjadi antara sebelas anak MAK.Mereka begitu dekat sebab berada pada tempat yang sama dan merasa senasib seperjuangan.Kisah persahabatan mereka dapat memberikan pelajaran berharga tentang bagaimana kita saling menghargai,berbagi suka maupun duka,dan saling mengajarkan atau memberikan ilmu yang kita punya kepada orang lain.
Pada novel ini beberapa percakapan dialog menggunakan bahasa daerah asal penulis.Bahasa yang digunakan dalam percakapan tersebut adalah bahasa Minang yang membuat novel ini lebih terasa dari khas ranah orang Minang. 
Dalam kisah cerita Anak-Anak Langit banyak mengandung nilai edukasi untuk bisa diteladani.Baik mengenai cita-cita yang tinggi,motivasi hidup,pelajaran agama, persaingan belajar, perjuangan mengenai kehidupan ,rasa syukur dan sebuah persahabatan serta masih banyak hal lain lagi yang dapat diteladani jika cerita dalam novel Anak-Anak Langit ini digali lebih mendalam.

Tidak ada komentar: