Social Icons

RESENSI


ARTI KATA KESEMPATAN

Judul  : Sunset Bersama Rosie
Penulis: Tere Liye
Penerbit: Mahaka Publishing
Cetakan: November 2011
Tebal: iv + 426 halaman
ISBN: 978-602-98883-6-2
Peresensi: Laksiwiningrum

Sesuatu yang indah hadir dari hal-hal biasa, yang terasa lebih dalam keseharian. Begitu ringan dengan kisah yang mengalir, tetapi tetap menyentuh. Ringan tapi tidak sepele. Tere Liye, begitu nama yang ia pakai, memang piawai mengusung tema dari hal biasa dan menjadikannya sebuah cerita yang tidak biasa.

Karya-karya Tere Liye telah banyak dipublikasikan, salah satunya yaitu Sunset Bersama Rosie. Novel Tere Liye yang satu ini hampir sama dengan novel-novelnya yang lain, seperti Hafalan Salat Delisa, Moga Bunda disayang Allah, Ayahku (Bukan) Pembohong, Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin dan karya-karya Tere Liye yang lain. Masih tentang keluarga, cinta, kehidupan, dan pembelajaran yang dikemasnya secara apik. Namun novel ini tetap memberikan kesan tersendiri dan menguras hati.
Sunset Bersama Rosie bercerita tentang kesempatan, bahwa kesempatan itu akan slalu ada jika kita meyakininya. Di sini Tere Liye berhasil mengaduk emosi pembaca melalui sebuah keluarga yang terkoyak dengan 4 putri yang kuat. Anggrek yang bijaksana, Sakura yang cerdas, Jasmine yang baik hati, dan Lili yang penuntut.
 Masalah muncul saat Tegar (tokoh utama) harus kembali terjebak dalam masa lalu. Melilih antara sahabat kecilnya, Rosie yang sangat ia cintai atau kekasihnya yang sabar dan mengerti akan posisinya. Di satu sisi Tegar tidak tega meninggalkan Rosie dan keempat anaknya yang ditinggalkan sosok seorang suami dan ayah yang begitu tiba-tiba. Di sisi lain Tegar memiliki janji menikah dengan kekasihnya, Sekar.
Seiring berjalannya waktu Tegar tidak bisa berbohong bahwa ia masih mencintai sahabat kecilnya, Rosie. Dulu banyak kesempatan yang telah Tegar sia-siakan untuk menyampaikan perasaannnya kepada Rosie, apakah ini adalah kesempatan lain yang diberikan Tuhan untuk Tegar? namun bagaimana dengan kekasih Tegar? Apakah ia rela menyerahkan Tegar untuk Rosie dan keempat anak Rosie? Semua terangkum dalam cerita yang apik.
 Novel Ini juga bercerita tentang kebesaran jiwa hidup yang memang keras. Merelakan sesuatu yang begitu berarti untuk kita dan masalalu yang tak selalu indah. Di sini kita akan diajak berdamai dengan masalah-masalah itu. Belajar menerima apa yang Tuhan berikan untuk kita, baik maupun buruk.
 Sunset Bersama Rosie juga bercerita tentang kehangatan keluarga, bahwa cinta dan kasih sayang terbesar harusnya lahir dari lingkungan keluarga. Dengan kebersamaan yang terjalin dalam keluarga, masalah, kesedihan, dan kekecewaan akan lebih ringan dihadapi.
Novel ini memberi banyak pelajaran tentang hidup. Dengan kemasan yang bagus, kata-kata yang dirangkai indah oleh penulis, novel ini menjadi sebuah cerita yang sangat menginspirasi.

Tidak ada komentar: