Social Icons

RESENSI


CINTA SEJATI HANYA DALAM MIMPI
   
Judul: Kisah Sang Penandai
Penulis: Tere Liye
Penerbit: Mahaka Publising
Terbit: Juli 2011
Tebal: 295 Halaman
Perensesi: Ulin Khamdanah
           
           
Cerita  berawal dari kisah patah hatinya tokoh utama, Jim. Ia jatuh cinta kepada seorang putri bernama Nayla. Terlihat jelas bahwa hubungan mereka ditentang keras. Perbedaan status mereka yang begitu jauh. Nayla anak seorang walikota, sedangkan Jim hanya seorang laki – laki yatim piatu yang pandai memainkan biola.
Fenomena tanggal tujuh, bulan tujuh dan jam tujuh meninggalkan kenangan pahit  bagi Jim. Seorang laki –laki yang mencintai putri bernama Nayla terpaksa berakhir tragis, pasalnya gadis yang  di cintainya memutuskan untuk mengakhiri hidupnya dengan meminum racun karena tidak ingin mengingkari cinta sejatinya dengan Jim. Jim yang melankolis juga ingin bunuh diri, tapi kemudian membatalkan niatnya karena takut mati.

Jim yang sejak kecil amat percaya setiap kehidupan ditakdirkan memiliki satu cinta sejati. Itu berarti sebenarnya hampir dari seluruh kalian juga memiliki cerita yang sama dengan Jim. Hanya saja kisah ini menjadi berbeda dengan kepunyaan kita ketika Jim tak kunjung menyadari bahwa cinta adalah kata kerja. Dan sebagai kata kerja jelas ia membutuhkan tindakan-tindakan, bukan sekadar perasaan-perasaan.
Ia kemudian bertemu dengan sosok kakek tua yang memberi satu dongeng untuk Jim. Maka, dimulailah petualangan Jim bersama Armada Kota Terapung yang dipimpin oleh Laksamana Ramirez. Jim seorang anak yatim piatu yang di besarkan oleh seorang dermawan kota, pemuda yang pandai memainkan biola itu terlalu pengecut untuk melawan takdir hidupnya mengubah diri menjadi sosok penting dalam ekspedisi ke Tanah Harapan.
Bertempur dengan para perompak legenda di perbatasan benua, singgah dan mendaki lereng Puncak Adam, dan menjadi pahlawan dalam perang saudara di negeri Champa, semua dia lalui dengan bergulat dengan masa lalunya. Di ujung kisah, Jim mengakhiri pelajaran berharga tentang  menjadi pencinta sejati dan berdamai dengan masa lalu.
Buku ini mengisahkan tentang romantisme cinta yang begitu mempesona antara Nayla dan Jim. Penyampaian bahasa sangat sederhana dan mudah di pahami. Sang penandai banyak mengajak kita untuk bermain didunia imajinasi, karena mengisahkan seorang raja hebat yang berani berperang melawan pembajak laut.
Kata penandai dibaca seperti kata landai, pantai. Asal kata penandai dari andai, yang berarti dongeng dalam bahasa tertentu. Lalu sang penadai itu menceritakan tentang dirinya, dialah yang pertama kali menceritakan dongeng – dongeng tersebut dengan tangannya, menjaganya tetap abadi sepanjang masa.

Tidak ada komentar: